Pages

Sabtu, 29 Januari 2011

Pengaruh dan Peranan TI dalam Bisnis Online Indonesia


Perkembangan Teknologi Informasi yang begitu pesat saat ini memudahkan para pengguna untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan fasilitas-fasilitas yang tersedia. Peran dari Teknologi Informasi ini bermanfaat dalam kehidupan pribadi seperti mendapatkan informasi tentang rekreasi, hobi, kesehatan, rohani, bisnis dan sebagainya. Seiring perkembangan Teknologi Informasi yang begitu pesat hingga saat ini serta diiringi dengan produk Teknologi Informasi yang sangat banyak yang masing-masing memiliki manfaat yang berbeda-beda.


Contohnya handphone, internet, televisi dan sebagainya. Selain itu internet juga merupakan salah satu produk dari Teknologi Informasi. Dengan menggunakan fasilitas internet, pengguna dapat melakukan aktivitas seperti chatting, mengirim email, browsing bahkan bertransaksi secara online. Sedangkan dari segi produk televisi pengguna dapat menyaksikan informasi yang disediakan dalam bentuk audio dan visual tentang informasi yang terjadi saat itu.

Dalam bidang perekonomian khususnya dibidang bisnis peranan TI sangat besar, diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Untuk masalah jual beli, penjual dan pembeli tidak harus secara langsung bertemu dilokasi untuk melakukan transaksi. Cukup melakukan transaksi melalui sistem online dimana pembeli cukup mendatangi alamat web dari penjual tersebut lewat internet.

2. Sebagai pengusaha bisnis tidak perlu memasarkan hasil produksinya melalui media fisik seperti toko dan sejenisnya. Cukup dengan berlangganan alamat domain dan mendaftarkan web tersebut pada search engine.

3. Dan masalah-masalah operasional, seperti stok barang, pengeluaran dan pemasukan dsb pengusaha bisnis tidak perlu membangun lahan yang luas seperti gudang dan sejenisnya. Pengusaha bisnis dapat menggunakan database pada sistem untuk memantau stok barang, aliran pengeluaran dan pemasukan di toko tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar