Pages

Sabtu, 29 Januari 2011

Manfaat E-Commerce bagi Pengguna Bisnis Online




E-Commerce dan Bisnis Online merupakan sebuah kegiatan yang saling terkait satu sama lainnya. Bisnis Online atau sering disebut E-Bussines merupakan kegiatan berbisnis di internet yang meliputi pembelian, penjualan dan jasa. Sedangkan E-Commerce merupakan jenis dari kegiatan E-Business tersebut.


Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai manfaat E-Commerce bagi pengguna bisnis online. Sebelumnya kita simak terlebih dahulu apa itu E-Commerce, E-Commerce atau Electronic Commerce didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet. E-Commerce adalah website yang menyediakan transaksi secara online atau dapat juga diartikan sebagai suatu cara jual beli beli secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas internet dimana terdapat sebuah website yang menyediakan "get and delivery". E-Commerce akan berubah menjadi kegiatan marketing dan juga dapat memangkas biaya operasional untuk keperluan perdagangan.

Adanya E-Commerce ini memberikan banyak manfaat bagi para pengguna bisnis onlin, diantaranya adalah :
1. Menghemat waktu transaksi antara para pengguna bisnis online, karena para pengguna bisnis online tidak perlu bertemu satu sama lain. Cukup dengan mengunjungi situs atau web penyedia E-Commerce tersebut dan melakukan transaksi secara online.

2. Dalam hal ini penjual tidak harus memiliki media fisik sebagai tempat memasarkan hasil produksinya, cukup dengan berlangganan domain pada internet dan membuka sebuah situs sebagai media dalam memasarkan hasil produksinya.

3. Menurunkan biaya operasional dalam halnya mempromosikan atau memasarkan hasil produksinya, cukup dengan memasang iklan pada web lainnya atau dengan mendaftarkan web tersebut pada search engine.

4. Melebarkan jangkauan pemasaran karena dengan menggunakan teknik ini web tersebut akan dilihat oleh masyarakat seluruh dunia tanpa harus datang ke lokasi.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar