Pages

Minggu, 31 Oktober 2010

Social Network Business



Social Network Business adalah situs jaringan sosial yang diperuntukkan untuk bisnis. Yaitu jaringan sosial yang digunakan oleh banyak orang didunia ini untuk melakukan kegiatan bisnis seperti, jual beli, jasa transfer, promosi dan masih banyak lainnya. Banyak situs-situs jejaring sosial yang berfungsi sebagai Social Network Business seperti : Facebook, Twitter, LinkedIn, MySpace, Ning dan Xin.

Alasan mengapa Social Network menarik bagi para pebisnis :
1. Salah satu media yang paling mudah digunakan karena tidak harus membayar alias gratis.
2. Dapat menjangkau semua kalangan manusia, melalui iklan-iklan yang muncul disitus atau halaman web.
3. Tersedia group-group yang sangat potensial menjadi targeted-clients atau customer.
4. Kemampuan untuk membangun komunitas yang kuat
5. Social Network bisa digunakan untuk meningkatkan kematangan produk berdasarkan masukan yang diterima
6. Update tentang produk bisa dengan mudah disampaikan sehingga setiap orang bisa tahu.


FACEBOOK
Disini kita mengambil contoh situs jejaring sosial yaitu Facebook. Mulanya situs ini hanya digunakan sebagai tempat melakukan pertemanan dengan siapa saja. Namun lama kelamaan semenjak situs ini digemari oleh para pengguna, maka fungsi dari situs ini berkembang menjadi ajak bisnis bagi para pemain bisnis untuk melaksanakan strategi bisnisnya. Dari memasang iklan yang berada di pojok kanan, bahkan sampai membuat grup tersendiri untuk mempromosikan hasil produksinya.

1. Strategi bisnis melalui iklan
Strategi bisnis melalui iklan-iklan yang sengaja dipasang pada banner situs jejaring sosial ini merupakan strategi yang sangat efektif. Dilihat dari pengguna facebook yang begitu banyak yang dapat melebihi puluhan ribu setiap harinya memungkinkan produk yang diiklankan akan menarik keiinginan pengguna untuk membelinya.



Dari contoh iklan diatas yaitu sebuah perusahaan atau semacamnya mempromosikan hasil produksinya melalui iklan-iklan yang terpasang pada situs. Konsumen dapat melihat barang-barang hasil produksi dengan mudah yaitu dengan cara mengklik link yang tertera pada iklan tersebut. Kemudian konsumen akan langsung berada pada page dimana barang tersebut dipasarkan.

2. Memperlihatkan barang dan menyantumkan cara memperolehnya
Strategi semacam ini juga dinilai cukup efektif karena konsumen dapat secara langsung melihat barang dengan cara melihat gambar asli dari produk yang ditawarkan. Selain gambar yang diperlihatkan, biasanya produsen juga mencantumkan cara memesan barang tersebut. Apakah dengan cara sms, datang langsung, atau via transfer.



Dari gambar diatas konsumen dapat memesan barang tersebut dengan ketentuan yang telah dicantumkan oleh produsen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar