Pages

Senin, 11 Oktober 2010

Agent Operator Busway (Service Agent)


Sekarang ini manusia membutuhkan sarana transportasi yang aman, cepat dan tepat waktu untuk memenuhi kebutuhan mobilitas yang sangat padat. Salah satu nya adalah angkutan umum seperti bus, mikrolet, kopaja dan lain-lain. Namun jenis transportasi ini masih kurang efektif dalam hal waktu, keamanan dan kenyamanan. Banyak hal-hal yang tidak diinginkan sering terjadi. Misalnya seperti kecelakaan akibat pengemudi ugal-ugalan, menaikkan dan menurunkan penumpang disembarang tempat serta kondisi kendaraan yang sering kali dijumpai sudah tidak layak pakai. Untuk itu perlu diadakan perubahan baik dari segi sistem maupun prasarana yang ada dengan mengadakan Busway sebagai transportasi yang sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada. Dengan adanya Busway manusia tidak perlu merasa khawatir jika ia terlambat sampai ketempat tujuan, akan terjadinya kecelakaan dan rasa tidak nyaman dalam kendaraan.

Saat ini operator yang mengoperasikan Busway masih menggunakan sumber daya manusia. Operator ini bisa saja merasa lelah, moodnya tidak bagus dan lain sebagainya. Jika ini terjadi maka akan mempengaruhi jadwal keberangkatan dan kedatangan armada yang dapat menyebabkan ketidak nyamanan pengguna jasa ini. Untuk itu perlu dilakukan pembaharuan dalam segi sumber daya. Jika semua kegiatan operasional dilakukan oleh sebuah robot atau mesin, maka hal-hal yang menjadi permasalahan diatas akan dapat ditangani dan kegiatan operasional akan berjalan sebagai mana mestinya. Berikut ini adalah perancangan dari Agen Operator Busway :

1. Agent Type : Operator Busway
2. Percepts : Monitor, kamera, infrared, speaker, speedometer, dan GPS
3. Action : Menyetir, menambah kecepatan, menurunkan kecepatan, mengerem, berhenti di setiap halte yang dilaluinya, menaikkan dan menurunkan penumpang, memberikan salam kepada penumpang.
4. Goal : Sampai ke halte tepat waktu, menaikkan dan menurunkan penumpang dengan aman, kenyamanan penumpang.
5. Environment : Jalan, lalu lintas, jalur busway, halte.

Penjelasan :

Agen Operator Busway akan bertugas didalam armada Busway. Action Agent Operator Busway kurang lebih sama seperti action yang dilakukan manusia. Awalnya Operator yang bertugas sebagai pengemudi armada Busway menjalankan Busway menuju halte terdekat, ketika armada sampai ke halte Operator yang bertugas sebagai pengawas didalam armada membukaan pintu secara otomatis dan memberikan salam kepada penumpang sambil menghitung jumlah penumpang keluar selama kurun waktu 3 menit. Kemudian memasukkan penumpang selama kurun waktu 5 menit dengan perhitungan jumlah penumpang serta bobot penumpang yang masuk kedalam armada, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.



==================Gambar Halte yang akan dikunjungi oleh Agent====================

Setelah proses menaikkan dan menurunkan penumpang selesai, maka masuk kedalam proses perjalanan. Didalam proses ini parameter yang akan diperhatikan adalah marka jalan, rambu-rambu dan lampu lalu lintas. Untuk marka jalan devices yang digunakan adalah infra merah. Jadi sensor dari infra merah ini akan diletakkan dibagian bawah armada (dekat ban disetiap sisi) dan akan mendeteksi apakah bagian bawah armada mendekati beberapa centimeter atau belum. Ukuran jarak yang diambil adalah sekitar 30-45 cm. Jika sensor mendeteksi salah satu bagian dari armada mendekati batas tersebut maka sensor akan mengirimkan perintah kepada operator untuk membelokkan sedikit armada agar tidak mendekati batas yang ditentukan.


======================Batas jalan yang digunakan oleh Agent=====================

Untuk rambu-rambu agent akan mengenali rambu-rambu dengan cara proses scan gambar yang berada pada plang rambu. Ketika proses scan, image yang dihasilkan akan dicocokkan dengan database yang ada didalam memori agent, tingkat kecocokan hasil scan image dengan database sekitar 80-95%. Untuk lampu lalu lintas, agent hanya akan mengenali 2 jenis lampu yaitu lampu bergambar bus dengan warna merah dan lampu bergambar bus dengan warna hijau. Agent akan mendeteksi 30 detik sebelumnya, lampu apa yang akan menyala untuk menghindari sebuah kecelakaan. Jika lampu yang akan menyala berwarna merah, maka agent akan memperlambat laju armada untuk memberhentikan armada. Jika lampu yang akan menyala hijau, maka agent akan berjalan dengan kecepatan konstan.



===================Gambar rambu-rambu yang harus dipatuhi Agent=================

Untuk mencapai halte berikutnya agent dilengkapi dengan system GPS dan database lokasi dari halte yang akan dikunjungi. Dengan memasukkan koordinat dari halte berikutnya maka system GPS pada agent akan bekerja dan memberikan jalur mana yang akan dilalui oleh armada tersebut.



====================Gambar Rute yang akan dilalui oleh Agent======================

Beberapa ukuran keberhasilan dari Agent Operator Busway :
1. Sampai ke halte selanjutnya tepat waktu.
2. Menaikkan dan menurunkan penumpang dengan selamat.
3. Meminimalisasi kemungkinan terjadinya kecelakaan.
4. Menaati peraturan dan rambu-rambu yang ada.
5. Kenyamanan pengguna armada Busway.

Lingkungan yang disediakan untuk Agen Operator Busway adalah jalan raya dimana terdapat halte-halte busway yang dapat menaikkan dan menurunkan penumpang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar