Pages

Senin, 25 Oktober 2010

Naskah / Script (Kecerdasan Buatan)

Script adalah skema representasi pengetahuan yang sama dengan frame, yaitu merepresentasikan pengetahuan berdasarkan karakteristik yang sudah dikenal sebagai pengalaman-pengalaman. Perbedaannya, frame menggambarkan objek, sedangkan script menggambarkan urutan peristiwa. Dalam menggambarkan urutan peristiwa, script menggunakan slot yang berisi informasi tentang orang, objek, dan tindakan-tindakan yang terjadi dalam suatu peristiwa.

Jalur (track) : servis mobil di bengkel

Role (peran) : pengguna mobil, administrasi, montir

Prop (pendukung) : uang, buku servis, komputer, stnk, bukti pembaran

Kondisi input : pengguna mobil harus membawa uang, stnk dan buku servis

Adegan (scene) -1 : kedatangan pengguna mobil ke bengkel

1. Pengguna mobil datang ke bengkel

2. Pengguna mobil ke bagian administrasi untuk mendaftar

3. Pengguna mobil menunggu di antrian

Adegan (scene) -2 : menunggu diruang tunggu

1. Pengguna mobil duduk di ruang tunggu

2. Pengguna mobil membaca majalah

3. Pengguna mobil bercengkrama dengan pengguna mobil lainnya

Adegan (scene) -3 : keluhan pengendara

1. Montir bertanya keluhan yang dialami

2. Pengguna mobil mengutarakan keluhannya

3. Montir membawa mobil kedalam bengkel untuk diservis

Adegan (scene) -4 : mobil diservis

1. Montir mengecek kendaraan sebagai pengecekan awal

2. Montir melakukan tune up untuk point yang telah ditentukan

3. Montir melakukan perbaikan terhadap keluhan pengguna

4. Montir mengecek kerusakan lain

Adegan (scene) -5 : montir menyampaikan kerusakan lain

1. Montir mencatat kerusakan lain yang terdapat pada mobil

2. Montir menyampaikan kerusakan lain kepada pengguna mobil

3. Montir bertanya apakah perlu mengganti spare part atau tidak kepada pengguna mobil

4. Montir melakukan penggantian spare part jika terjadi kerusakan

Adegan (scene) -6 : mobil selesai di servis dan lakukan pembayaran

1. Mobil telah selesai diservis dan diperbaiki kerusakan-kerusakan yang ada

2. Pengguna mobil mengecek kembali kondisi mobilnya

3. Pengguna mobil ke bagian administrasi

4. Pengguna mobil membayar biaya jasa servis

5. Administrasi mencatat kilometer dan segala sesuatu mengenai tune up pada buku servis

6. Pengguna mobil mendapatkan buku servis dan bukti pembayaran

7. Pengguna mobil meninggalkan bengkel

Hasil :

1. Pengguna mobil merasa puas akan jasa bengkel yang diberikan

2. Pengguna mobil merasa kecewa akan jasa bengkel yang diberikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar