Pages

Senin, 21 Februari 2011

Perangkat Keras Multimedia


Mata Kuliah : Sistem Multimedia
Materi : Perangkat Keras Multimedia
Kelas : 4IA12
Nama Kelompok
1. Evi Puspita (50407331)
2. Putri Indah Wulandari (50407668)
3. Refsus Saefudin (50407697)
4. Sandi Asmara Somantri (50407782)
5. Yulia Nurrahmah (50407927)

Perangkat Keras Multimedia

Perangkat keras (komputer) multimedia merupakan alat pengolahan data berupa teks, gambar, audio, video atau animasi yang bekerja secara elektronis dan otomatis. Unsur-unsur utama sistem perangkat keras multimedia antara lain adalah unit input, CPU, Storage/Memory dan unit output, sedangkan yang merupakan unsur tambahan contohnya adalah communication link.

Unit Masukkan (Input)
Unit masukan adalah peranti tempat untuk memasukkan data dan program yang akan diproses di dalam komputer multimedia.

Contoh-contoh perangkat keras unit masukan:
• Keyboard merupakan peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.

Keyboard


• Alat penunjuk (pointing device) misalnya mouse, joystick, trackball, trackpad, touch screen, light pen, dan remote control

Mouse


• Alat pembaca optis misalnya scanner, optical mark reader, optical character reader, hand-held scanner, flatbed scanner, path-trough scanner dan film scanner

Scanner


• Alat input pengenal suara misalnya Speaker Dependent System dan Speaker Independent System.

Speaker Dependent System


• Kamera Digital adalah alat untuk membuat gambar dari obyek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD (ada juga yang menggunakan sensor CMOS) yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital.

Digital Camera


• Camcorder (Camera Recorder) merupakan alat perekam elektronik yang portable dan mempunyai kemampuan video live-motion dan audio untuk kemudian dimainkan di Video Cassette Recorder (VCR), TV dan komputer multimedia.

Camera Recorder


• Snappy Video Snapshot adalah suatu alat penangkap gambar yang menghubungkan paralel port bagian belakang desktop atau laptop PC.

Snappy Video


• Web Camera sebutan bagi kamera real-time yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call.

Web Camera



Penyimpanan (Storage/Memory)
Penyimpanan atau memory dibedakan menjadi dua bagian yaitu:
a. Penyimpanan Internal
Penyimpanan internal ini merupakan penyimpanan yang berhubungan langsung dengan Central Processing Unit (CPU). Umumnya penyimpanan ini bersifat volatile maupun non-volatile.
b. Penyimpanan Eksternal
Penyimpanan ini tidak berhubungan langsung dengan CPU.

Central Processing Unit (CPU)
CPU merupakan pusat kendali sistem komputer.
Beberapa bagian-bagian dari CPU adalah sebagai berikut:

Arithmetic and Logical Unit (ALU)
ALU melaksanakan seluruh perhitungan (penambahan, pengurangan, perkalian ataupembagian) dan operasi logika.

Control Unit (CU)
CU merupakan bagian CPU yang berfungsi untuk:
• Membaca dan mengintepresikan instruksi-instruksi program
• Melangsungkan operasi komponen-komponen prosesor internal
• Mengendalikan aliran program dan data ke dalam dan ke luar RAM.

Bus
Bus adalah jalur yang dilewati processor saat mengirim/menerima data dan perintah ke/dari primary storage dan secondary storage serta seluruh peralatan peripheral I/O.
Mainboard/Motherboard
Mainboard atau Motherboard merupakan board sirkuit utama dari mikrokomputer yang mengandung konektor untuk menempelkan board-board tambahan lainnya dan mengandung CPU, BIOS, memori, mass storage, interface, port serial dan paralel, slot ekspansi dan semua controller yang dibutuhkan untuk mengontrol peralatan peripheral standar, misalnya monitor, keyboard dan disk drive.

Unit Keluaran (Output Device)
Unit keluaran adalah piranti tempat mengeluarkan hasil proses komputer multimedia yang berfungsi sebagai tempat keluarnya hasil proses dan menerjemahkan bit-bit ke dalam kode yang dikenal sebagai media output.
Contoh-contoh perangkat keras unit keluaran:
• Monitor merupakan alat output tampilan yang paling banyak digunakan

Monitor


• Alat output cetakan yang dapat menghasilkan salinan kertas (hard copy) contohnya adalah Printer, Plotter dan Microform

Printer


• Alat Output Grafik Presentasi Contohnya adalah LCD projector digunakan dengan lensa yang ada di dalamnya dan sumber cahaya untuk memproyeksikan bayangan ke layar.

LCD Projector


• Alat Output Suara misalnya speaker

Speaker


Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Sumber 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar