Pages

Jumat, 01 April 2011

Kinerja Komputasi dengan Paralel Processing


Assalamualaikum WR WB, menyambung materi sebelumnya yaitu mengenai Komputasi Modern, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas Kinerja Komputasi dengan Paralel Processing. Sebelum kita membahas lebih lanjut, ada baiknya flash back terlebih dahulu apa itu komputasi? Komputasi adalah suatu cara untuk menentukan pemecahan masalah dari sebuah data input dengan menggunakan suatu algoritma. Sedangkan Komputasi Modern adalah suatu cara untuk menemukan pemecahan masalah dari suatu data input dengan suatu algoritma dengan cara yang modern yaitu dengan menggunakan komputer, dalam hal ini melalui hardware dan software. Sekarang kita masuk kepada pengertian Paralel Processing.

1. Pengertian Paralel Processing

Pemrosesan paralel (parallel processing) adalah penggunakan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan. Idealnya, parallel processing membuat program berjalan lebih cepat karena semakin banyak CPU yang digunakan. Tetapi dalam praktek, seringkali sulit membagi program sehingga dapat dieksekusi oleh CPU yang berbea-beda tanpa berkaitan di antaranya.

Komputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer secara bersamaan. Biasanyadiperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak. Untuk melakukan aneka jenis komputasi paralel ini diperlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan mampu bekerja secara paralel untuk menyelesaikan satu masalah. Untuk itu diperlukan aneka perangkat lunak pendukung yang biasa disebut sebagai middleware yang berperan untuk mengatur distribusi pekerjaan antar node dalam satu mesin paralel. Selanjutnya pemakai harus membuat pemrograman paralel untuk merealisasikan komputasi.

Sebagai contoh : diberikan 5 buah data acak yang nantinya akan diurutkan secara Ascending dengan menggunakan CRCW-Sort dengan menggunakan perhitungan [n/2]. n = jumlah data

[n/2] = [5/2] = [2,5] = 3, jadi kita memerlukan 3 kali putaran untuk mengurutkan data tersebut.
Dan masing-masing data diproses oleh 1 processor. Berikut gambar dari pemrosesan diatas.


Klik gambar untuk memperjelas



Dari gambar diatas bisa dilihat dari data yang tidak terurut {6,5,9,2,4} menjadi terurut dengan menggunakan 3 kali putaran searching secara ganjil dan genap dengan menggunakan 5 buah processor. Yang menghasilkan data yang terurut menjadi {2,4,5,6,9}

Jadi dari kedua pengertian diatas dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa kinerja komputasi dengan paralel proccesing memungkinkan beberapa pekerjaan dilakukan secara bersamaan dan dalam waktu yang bersamaan dan semakin banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan tepat waktu.


Sekian penjelasan singkat dari saya, semoga bermanfaat
Sumber 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar