Pages

Rabu, 01 Desember 2010

Merapi menyambut kedatangan Obama di Indonesia




"Merapi menyambut kedatangan Obama di Indonesia" seperti inilah kata-kata yang cocok untuk mendeskripsikan 2 hal besar yang terjadi dalam waktu yang bersamaan di Indonesia. Merapi seolah-olah ingin menyambut kedatangan Presiden Amerika tersebut di Indonesia dengan menampakkan aktifitas vulkanisnya. Kalimat diatas hanya sebagai penggambaran sang penulis dari 2 kejadian yang terjadi di Indonesia.



Letusan Gunung Merapi


Merapi adalah salah satu gunung berapi yang masih sangat aktif di negara Indonesia sejak tahun 1006. Pada tanggal 29 Oktober 2010 Pukul 05:20 merapi mengeluarkan erupsi berupa awan panas atau wedhus gembel yang mengakibatkan kepanikan disekitar Dusun Kinahrejo. Dan akhirnya pada tanggal 3 November 2010 menjadi puncak dari letusan gunung Merapi.


Dampak dari letusan gunung Merapi sangat besar sekali pengaruhnya bagi bidang perekonomian di Indonesia. Dampak yang ditimbulkan tidak hanya berdampak negatif, juga dapat berdampak positif. Dampak negatif yang ditimbulkan oleh letusan merapi yaitu matinya tanaman-tanaman holtikultura, pusat tanaman salak, binatang ternak, dan pusat pariwisata. Keempat kategori tersebut terdapat didalam empat kecamatan yaitu Pakem, Turi, Cangkringan dan Ngemplak yang jaraknya 20km dari pusat gunung merapi.

Selain itu dampak yang ditimbulkan adalah berhentinya proses jual beli antara pedagang dan pembeli di pasar. Dan jalur transportasi yang menghubungkan Yogyakarta dengan kota-kota lain di sekitarnya. Dampak dibidang pariwisata adalah menurunnya jumlah pengunjung hotel yang berkunjung ke hotel-hotel yang berada di wilayah Yogyakarta. Serta ditutupnya objek wisata Candi Borobudur dan Candi Prambanan yang merupakan omset terbesar bagi Indonesia yang dikarenakan abu vulkanik dari gunung merapi menyelimuti candi-candi di kedua candi tersebut. Abu vulkanik yang menempel pada candi-candi dapat berakibat pelapukan material candi, oleh sebab itu candi-candi tersebut harus ditutupi oleh plastik untuk sementara waktu sampai keadaan merapi kembali tenang.



Candi Borobudur terkena abu vulkanik


Selain dampak negatif juga terdapat dampak positif dari letusan gunung merapi. Dampak positif yang ditimbulkan yaitu para penambang pasir tidak perlu repot-repot menggali pasir di bagian hulu gunung merapi. Mereka hanya perlu menambang pasir di sekitar sungai-sungai yang dialiri oleh lahar dingin dari gunung merapi yang membawa sekitar ribuan ton material pasir. Selain material pasir, abu vulkanik gunung merapi juga mengandung material pembuat kaca yang berjumlah banyak.



Presiden Obama di Indonesia


Hal besar yang terjadi di Indonesia yang mempengaruhi sektor bisnis atau perekonomian di Indonesia adalah datangnya Obama ke Indonesia. Lahir pada tanggal 4 agustus 1961 di Honolulu, Hawai. Saat ini tinggal di Chicago, Illinois. Ia bertemu Michelle di tahun 1988 dan menikahinya di bulan Oktober, tahun 1992 dan memiliki dua orang putri yaitu Malia (lahir 1998) dan Sasha (lahir 2001).Ayahnya bernama Barak Obama, Sr dari Kenya dan ibunya bernama Ann Dunham dari Kansas. Mereka bercerai ketika Obama berusia 2 tahun. Sang ayah menuju Harvard mengejar study ph. D. lalu kembali ke Kenya. Sang ibu menikah dengan Lolo Soetoro dari Indonesia. Pada tahun 1967, keluarganya pindah ke Jakarta dan Obama bersekolah di Jakarta dengan bahasa pengantar yaitu bahasa Indonesia. Usia 10 tahun ia kembali ke Hawaii tinggal dengan kakek neneknya dari ibunya, Madelyn dan Staney Dunham. Setelah SMA, Obama kuliah di Occidental College di Los Angeles selama 2 tahun. Lalu ia pindah ke Columbia University di New York, lulus pada tahun 1983, jurusan political science.

Paragraf diatas merupakan biografi singkat dari presiden obama yang dulu nya pernah tinggal di Indonesia, maka tidak heran jika obama berkunjung ke Indonesia akan disambut dengan meriah oleh masyarakat disini. Obama berkunjung ke Indonesia tanggal 9-10 November 2010 untuk memperluas dan mempererat hubungan bilateral antara kedua negara. Kedatangan obama ke Indonesia pasti menimbulkan pro dan kontra serta dampak positif dan negatifnya bagi sektor perekonomian di Indonesia.

Dampak Positif yang ditimbulkan dengan kedatangan Obama ke Indonesia yaitu dalam hal import, Indonesia merupakan negara yang melakukan kegiatan import dari Amerika berupa teknologi dibidang industri seperti alat-alat berat, persediaan persenjataan dibidang militer. Dalam hal ekspor Indonesia adalah salah satu negara pengekspor terbesar dengan mengekspor hasil alam berupa minyak bumi dan gas yang dibutuhkan negara-negara di dunia. Dalam bidang bisnis Indonesia dan Amerika setuju akan usaha credit line dan market line dalam perbankan di Indonesia. Dan jika Indonesia sedang mengalami kesulitan dibidang keuangan, Amerika dapat memberikan bantuan berupa pinjaman luar negeri. Dengan kedatangan obama diharapkan para pengusaha kecil dan menengah dapat lebih memaksimalkan usahanya dalam kegiatan ekspor untuk meningkatkan devisa negara.

Selain dampak positif ada juga dampak negatifnya bagi Indonesia, salah satu dampak negatifnya adalah masyarakat Indonesia seakan-akan lupa apa yang sedang terjadi di negaranya sendiri tentang letusan merapi. Dan lalu lintas yang dilewati obama di Ibukota Jakarta menjadi semakin semrawut, bahkan terjadi kemacetan total di jalan-jalan protokol di Indonesia yang mengakibatkan proses perdagangan selama 2 hari menjadi terhambat. Ini berdampak pada perekonomian di Indonesia pada 2 hari tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar