Pages

Minggu, 10 Januari 2010

Hajat Desa Kampung Maleber Kuningan - Jawa Barat


Di sebuah desa dikabupaten Kuningan Jawa Barat, tepatnya Dusun 1 Cinangka dekat Pasar Maleber terdapat sebuah tradisi yang sudah ada sejak lama dan sampai sekarang masih terus berlanjut. Tradisi tersebut sering dikenal dengan “Hajat Desa”. Hajat Desa ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh masyarakat sekitar pada tanggal 1-2 Syawal untuk memperingati Hari Raya Idul Fitri. Hajat Desa ini intinya merupakan sebuah acara Khitanan Massal anak-anak di desa tersebut. Uniknya pada khitanan ini adalah setiap peserta khitan harus menggunakan kostum yang bertemakan tentang kebudayaan sekitar. Dan akan diarak mengelilingi desa dengan menggunakan delman atau istilah lain dengan Ngencar. Ngencar sendiri merupakan kegiatan mengarak anak sunat keliling desa dengan menggunakan delman atau andong.

Malam sebelum diadakannya acara ini yaitu dimulai dengan khataman Al-Qur’an oleh para peserta khitan yang dimulai dari ba’da isya sampai dengan selesai. Di tempat lain, tepatnya di balai desa atau didekat masjid diadakan Kosidahan yang bertujuan sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT. Dan di pinggir jalan terdapat para pedagang kaki lima yang berjualan dari Pasar Maleber hingga ke alun-alun desa.

Selain kosidahan juga terdapat pertunjukan drama oleh pemuda-pemuda sekitar desa. Yang pada saat itu mengangkat tema tentang “Kekayaan Alam Indonesia. Acara pada malam tersebut berakhir pada pukul 24.00. Kemudian dilanjutkan dengan acara inti pada esok harinya.

Keesokan harinya pada hari ke-2 setelah lebaran yaitu akan diadakan acara Ngencar yang tadi telah dijelaskan diatas. Sebelum itu para peserta khitan akan didandani layaknya seorang wayang orang, ustadz, pahlawan kemerdekaan dan lain-lain sebelum diarak mengelilingi desa. Dan uniknya disini peserta khitan akan diarak dengan diiringi pawai dari kreativitas pemuda desa. Seperti traktor dari kardus, tank dari triplek dan lain lain. Dan pengunjung sekitar juga dapat menikmati arak-arakan ini hanya dengan menyewa delman dengan harga relatif antara Rp 100.000,- sampai Rp 150.000,- atau tergantung negosiasi pengunjung dan kusir. Namun anda harus memesan delman tersebut jauh-jauh hari, karena biasanya delman tersebut disewa oleh para pengunjung pada 1 bulan sebelum acara diadakan. Atau anda tidak akan dapat menyewa delman tersebut.

Keesokan harinya pada hari ke-3 setelah lebaran yaitu akan diadakan acara inti berupa Khitanan Massal. Semua peserta khitan akan dikhitan secara massal disuatu tempat. Seperti inilah Kegiatan Kemasyarakatan atau Kebudayaan masyarakat sekitar yang disebut dengan Hajat Desa dan hingga kini masih berlangsung.


Gambar diatas merupakan kegiatan pada malam sebelum acara inti diadakan. Yaitu kosidahan ibu-ibu pengajian pada alun-alun desa


Gambar diatas merupakan kreativitas pemuda-pemuda desa berupa replika kendaraan untuk mengarak peserta khitan mengelilingi desa


Gambar diatas memperlihatkan para pengunjung yang ikut mengarak peserta khitan dengan menaiki delman yang telah disewa sebelumnya


Gambar diatas adalah gambar rombongan para peserta khitan yang sedang diarak mengelilingi desa dengan menggunakan delman

Demikian sekilas tentang Kebudayaan masyarakat Desa Maleber yang tiap tahunnya diadakan. Artikel ini ditujukan untuk tugas kuliah yaitu Soft skill. Terima Kasih telah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel ini.

10 komentar:

  1. Wew Sus,,,
    Itu Foto Kampung lw sndiri yah?
    Tp Good Job...

    BalasHapus
  2. mantap susi kok bukan lo yg di sunat sus...hehehehehehehhee

    BalasHapus
  3. boleh juga buat inspirasi blog gw nanti..
    hehehehe..

    BalasHapus
  4. @sweetachocolate...
    iya itu foto kampung gw

    hoho

    @BuBu_Van
    swt dah

    kl gw mah udah vin kls 4 SD

    hehe

    @andi_untunk
    jgn di embad ide murni dari gw itu

    blm ada yg nyamain

    paling ada cm sdkt itu jg sama ky gw

    orang tua nya juga tinggal dsana

    ^^

    @all
    thanx buad komennya

    BalasHapus
  5. wahh,, poto lw yang mana sus?

    mantep-mantep, ada foto lw lagi sunatan juga yak?,, hahahah LoL :P

    tukeran link sus,, blog lw udah gw masukin :D

    BalasHapus
  6. @Qodel
    mana link lw
    tar gw masukin ke blog gw

    BalasHapus
  7. yang lama,, ini
    http://qodel.blogspot.com

    BalasHapus
  8. Lucu2 ftonya..
    dapet aja lw foto nya..
    fto sendiri ini?

    BalasHapus
  9. @Dianie
    iya itu foto gw sendiri waktu dikampung nyokap
    exlusive dari TS nya
    pas bgt masih nyimpen
    and sekarang trnyata terpakai
    hoho

    BalasHapus
  10. Mantaff gan ,,,
    w suka gaya lo, melestarikan kebudayaan kampung halaman sendiri^^
    ohya ga salah tuch nama w di link teman
    coba cek lagi,hehehe

    BalasHapus